Rekomendasi Skill dan Kompetensi untuk Menggunakan Employee Self-Service Portals (2024)

Employee self-service portals merupakan salah satu kemajuan teknologi dalam dunia kerja yang memudahkan bagi karyawan. Setiap karyawan jadi lebih mudah mengakses segala informasi penting perusahaan yang berkaitan dengan kepentingan karyawan sendiri.

Employee self-service atau ESS adalah suatu fasilitas untuk mendukung karyawan supaya mandiri, di samping juga memudahkan kinerja perusahaan. Kemajuan teknologi ini menuntut penggunanya memiliki skill dan kompetensi untuk bisa menggunakannya, berikut penjelasannya.

Mengenal Tentang Employee Self-Service Portals

Employee Self Service (ESS) adalah sistem yang secara efektif membantu karyawan untuk mengakses informasi dan data pekerjaan secara mandiri. Setiap karyawan dapat melihat atau membaca informasi, mengedit sampai menginput data ke sistem secara mandiri.

Melalui employee self-service portals, setiap karyawan bisa membaca pengumuman terbaru, perubahan peraturan, mengakses data pribadi. Data pribadi ini bisa berupa hasil absensi, pembaruan data, kuota cuti tahunan dan sebagainya.

Semua hak serta kewajiban bisa diketahui secara mandiri oleh masing-masing individu dalam perusahaan. Akses ke dalam informasi juga sangat cepat dan fleksibel dari mana saja.

Karyawan tidak lagi tergantung pada perusahaan untuk keperluan informasi berkaitan dengan data pribadi maupun perusahaan secara umum. Perusahaan juga diuntungkan karena pekerjaan jadi lebih efisien.

Bahkan semua info terkini atau kebijakan terbaru bisa langsung di-upload ke dalam portal. Karyawan bisa langsung update informasi kapan saja secara real time. Hal ini menyingkat waktu kerja jajaran manajemen.

Prinsip utama penerapan sistem Employee Self-Service (ESS) adalah penggunaan jaringan internet untuk mengakses semua informasi didalamnya. Portal harus kompatibel, bisa diakses menggunakan perangkat karyawan misalnya PC, laptop atau smartphone.

Karyawan bisa melihat, membaca semua informasi dalam bentuk teks dan gambar. Kemudian juga bisa menginterpretasikan informasi yang tersaji menggunakan video. Semua data yang disajikan bagian administrasi dapat diterima langsung.

Penerapan Employee Self-Service Portals di Kantor

ESS bisa diaplikasikan satu untuk semua macam informasi, jadi seperti mengakses halaman website perusahaan dengan berbagai info menarik didalamnya. Namun ada beberapa poin wajib yang biasanya selalu ada dalam portal, berikut contohnya.

  1. Aplikasi Absensi Online

Penerapan paling umum adalah untuk absensi online karyawan, dimana masing-masing individu dari semua level bisa mengaksesnya menggunakan perangkat pribadi. Data masuk dan keluar kantor didapat secara otomatis dalam sistem absensi.

Penerapan employee self-service portals ini sangat efisien bagi semua pihak. Perusahaan bisa lebih hemat anggaran karena tidak perlu menyediakan perangkat absensi. Di sisi karyawan, tidak perlu mengantre yang cukup menyita waktu.

  1. Akses Informasi Karyawan

Penerapan ESS lainnya adalah akses ke dalam data dan informasi karyawan. Contohnya seperti track record absensi selama sebulan, jumlah jam lembur, pembaruan status, pembaruan grade dan sebagainya.

  1. Perizinan dan Cuti

Bentuk penerapan ESS lainya adalah perizinan dan cuti. Pengajuan izin tidak masuk karena sakit atau kepentingan lain yang disahkan menurut kebijakan perusahaan bisa dilakukan oleh karyawan sendiri.

  1. Slip Gaji

Slip gaji juga dapat diakses melalui portal menggunakan smartphone atau PC masing-masing karyawan. Jadi jika dibutuhkan sebagai dokumen penting misalnya mengajuan KPR atau pinjaman tidak perlu meminta slip dari HRD, bisa langsung download dan print sendiri.

Tujuan Penggunaan Employee Self-Service Portals

Penerapan sistem ESS bertujuan memberikan kemudahan karyawan maupun perusahaan. Kedua belah pihak akan mendapatkan manfaat yang sama besarnya, sehingga perapannya benar-benar efektif. Berikut beberapa tujuan utama penerapannya.

  1. Membantu Administrasi Perusahaan

Employee self-service portals efektif membantu kinerja proses administrasi perusahaan menjadi lebih baik. Proses pendataan lebih cepat, minim kesalahan, karena dilakukan secara mandiri oleh karyawan.

Bagian HR tidak perlu mengalokasikan waktu khusus, menyediakan tenaga kerja tambahan maupun perangkat tambahan untuk mengurus semua hal berkaitan dengan administrasi. Waktu kerja HR bisa digunakan untuk memaksimalkan pekerjaan lainnya.

  1. Employee Self-Service Portals Mudah dan Menghemat Waktu

ESS membantu menghemat waktu karyawan dan bagian HR. Pekerjaan jadi efisien, tidak mengganggu waktu produktif setiap harinya. Contoh saat dibutuhkan pembaruan data karyawan, bisa dilakukan sendiri dari rumah menggunakan HP.

Pengajuan cuti, bisa langsung diinput ke dalam portal. Permintaan akan langsung masuk ke pihak HR kemudian bisa langsung ditanggapi saat persyaratan sudah terpenuhi. Secara otomatis pengajuan ini juga akan mengurangi jatah cuti secara akurat.

  1. Keamanan Data Karyawan

Saat ini semua portal sudah terhubung dengan cloud sebagai media penyimpanan, sehingga dijamin aman. Risiko data hilang atau rusak sangat minim, jadi sangat aman, lebih privasi karena karyawan pemilik akses dan pihak-pihak terkait saja yang bisa akses.

Skill dan Kompetensi yang Diperlukan untuk Menggunakan Employee Self-Service Portals

Bekerja menggunakan perangkat yang terhubung dengan internet sebetulnya lebih mudah dan praktis. Sebagai pengguna, tidak terlalu dibutuhkan skill dan keterampilan rumit melainkan cukup menguasai beberapa hal berikut ini.

  1. Kemampuan Adaptasi

Skill kompetensi yang wajib dimiliki adalah mampu beradaptasi terhadap sistem komputerisasi, aplikasi dan semua hal berkaitan dengan fasilitas digital. Minimal memiliki perangkat yang support internet untuk bisa mengimplementasikan kemampuan ini.

Setiap karyawan bisa mencoba sendiri semua proses yang dibutuhkan. Mulai dari membuka portal melalui web atau aplikasi, login menggunakan user ID, lalu menggunakan sendiri menu-menu didalamnya.

  1. Mampu Mengoperasikan Perangkat

Untuk bisa menggunakan software, dibutuhkan kecakapan dalam menggunakan perangkat keras yang dimiliki. Beruntungnya, software Employee Self-Service compatible untuk semua jenis perangkat.

Employee Self-service bisa diakses menggunakan komputer, laptop, tablet maupun smartphone. Bahkan tidak dibutuhkan spesifikasi tinggi, cukup bisa untuk internetan, maka perangkat sudah bisa digunakan mengakses portal.

Pengguna portal nantinya perlu memiliki kecakapan berhadapan dengan berbagai tipe perangkat berbeda. Jika sehari-hari cukup mengakses melalui HP, bisa jadi suatu waktu harus menggunakan PC karena perlu membuka portal di kantor.

  1. Memahami Bahasa Teknis

Pengguna portal perusahaan harus paham bahasa teknis yang ada pada setiap menu. Sebagai penyesuaian untuk pengguna di Indonesia portal mungkin dirancang menggunakan bahasa Indonesia.

Meski demikian, paham bahasa teknis terutama bahasa Inggris akan lebih menguntungkan. Sebagai antisipasi apabila terjadi pembaruan software, atau pergantian sistem sehingga menu-menu pada halaman portal berubah menjadi bahasa Inggris.

  1. Kemampuan Membaca Data

Kompetensi selanjutnya adalah kemampuan menginterpretasikan data yang tersaji. Misalnya tanggal penginputan absen sekaligus tracking-nya dari beberapa bulan sebelumnya. Jumlah kuota cuti tahunan, jumlah aktual yang sudah dipakai dan sisanya.

Employee self-service portals juga berisi grafik, tabel, diagram dan sebagainya. Penggunanya harus bisa membaca dan memahami informasi yang coba disampaikan melalui gambar tersebut dengan tepat.

  1. Keterampilan Editing, Download, Upload

Pengguna portal perusahaan akan akrab dengan proses pengeditan, pengunduhan dan pengunggahan data maupun dokumen. Skill kompetensi yang diperlukan adalah menulis di kolom halaman portal, mengedit, mengunduh melalui menu download serta uploading.

Sekelas portal perusahaan biasanya sudah dirancang secara khusus agar user friendly. Menu-menu untuk upload download sangat jelas dan mudah digunakan. Jika sudah berhadapan dengan sistem, maka bisa langsung memahaminya.

Semakin canggih teknologi, semakin praktis serta mudah penggunaannya. Dengan mengandalkan perangkat yang kompatibel, perusahaan tidak perlu memberikan pelatihan khusus. Setiap karyawan akan mudah beradaptasi dalam menggunakan employee self-service portals.

Rekomendasi Skill dan Kompetensi untuk Menggunakan Employee Self-Service Portals (2024)

FAQs

What is the leveraging value of employee self service portals? ›

ESS allows human resources to focus more on value-added processes in the performance management process. These systems also benefit the HR professional by condensing the results of entire performance management and compensation system in one place, facilitating analysis and reporting.

How do I use employee self service portal? ›

The HR manager will register all employees provide each with a user id they can use to log into the portal. Once they log in, they will be requested to create their own password for their personal page. ESS systems work with access rights to ensure that not all data is visible to everyone.

What is employee self service technology? ›

Employee self-service (ESS) is a technology that allows employees to access, view and manage their personal and job-related information.

What is the purpose of employee portal? ›

Employee portals allow for businesses to keep all their information accessible and free flowing between their members who need help. Exchanging documents, uploading forms and creating a space of collaboration between everyone ensures efficiency along with an understanding across the board.

How do you leverage your employees? ›

Leverage that knowledge and experience by sending them to do jobs that require a larger amount of skill or expertise. Involve them in decision-making. Have them mentor younger, less experienced employees. If you have an employee with a greater skill set, have them teach or train other employees.

How to develop an employee portal? ›

How To Build An Employee Portal
  1. Identify the purpose of your company employee portal. ...
  2. Define your requirements. ...
  3. Determine the employee portal design. ...
  4. Assign staff to appropriate roles. ...
  5. Search the market for a suitable solution (or build it in house).
Oct 5, 2023

What is the difference between employee center portal and service portal? ›

Service Portal is generally intended for customers to interact with IT support teams. What is Employee Center? Employee Center is a single, unified and modern portal where employees can find information and get the help they need from HR, IT and other company departments.

What is the purpose of a self-service portal? ›

Self Service Portals Teach Customers New Skills.

Portals provide detailed information beyond the basics when delivering answers to commonly-asked questions. They use simple ways of getting the information across through step-by-step guides and how-to videos sometimes with images, diagrams and screenshots.

What is self-service tools? ›

Self-service BI tools allow users to filter, sort, analyze and visualize data without involving an organization's BI and IT teams.

What is ESS payroll? ›

ESS is a service that allows employees to access their own payroll details, benefit information, and time records, usually through a web-based application.

What is employee automation? ›

Accounting Departments. Employee automation is a digital workforce that walks new employees through payroll setup, benefits enrollment, retirement programs, stock options, etc.

What is the value of self-service? ›

Self-service can optimize you customer support and help your organization by: Increase customer satisfaction by providing better service through knowledge management (via content in help centers and knowledge bases)

How does ESS benefit management? ›

With ESS, employees can access information about their employee benefits, request PTO, contact IT, and perform other essential functions independently. This helps deflect HR and IT tickets so teams can work efficiently.

What is the value of self-service analytics? ›

Self-service analytics plays a major role in decentralizing and democratizing data access across all types of organizations. It breaks down silos and allows everyone to actively participate in reporting, analysis, and data-driven decision-making.

How do management and employee self-service portals improve organizational efficiency? ›

HR departments spend 40% of their time on administrative tasks. While administrative tasks are essential for running the company workflow, an ESS portal can reduce and streamline most of the tasks. This helps HR concentrate more on the employees and less on documentation, thus increasing employee morale.

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Jamar Nader

Last Updated:

Views: 5989

Rating: 4.4 / 5 (55 voted)

Reviews: 94% of readers found this page helpful

Author information

Name: Jamar Nader

Birthday: 1995-02-28

Address: Apt. 536 6162 Reichel Greens, Port Zackaryside, CT 22682-9804

Phone: +9958384818317

Job: IT Representative

Hobby: Scrapbooking, Hiking, Hunting, Kite flying, Blacksmithing, Video gaming, Foraging

Introduction: My name is Jamar Nader, I am a fine, shiny, colorful, bright, nice, perfect, curious person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.